Saturday, June 22, 2013

Membuka Usaha Nasi Goreng

Manajemen Usaha Nasgor
Nasi Goreng adalah jenis kuliner yang merupakan favorit masyarakat Indonesia. Tidak heran, di setiap kota di Indonesia pasti ada yang jualan nasi goreng. Usaha nasi goreng di sini adalah usaha nasi goreng kaki lima yang suka mangkal di trotoar atau di pelataran toko yang tutup pada malam hari. Meskipun sepertinya terlihat sebagai usha yang kecil, tapi jika ditekuni akan bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan bahkan besar.Seperti halnya usaha kuliner lainnya, usaha nasi goreng ini penghasilannya bisa kita nikmati secara harian. Hasilnya langsung terlihat di hari itu juga.

Dalam memilih tempat untuk usaha nasi goreng, usahakan kita memiliki tempat di pinggir jalan besar atau di tempat keramaian seperti dekat pasar atau dekat pusat perbelanjaan di kota. Tempatnya tidak perlu besar. Cukup 3 x 3 meter saja usaha kita bisa berjalan. Yang penting cukup untuk 1 gerobak dan tempat duduk konsumen. Bahkan kita juga mungkin pernah melihat tukang yang berjualan nasi goreng dengan tempat yang lebih kecil dari 3 x 3 m. yang penting tempatnya harus strategis, orang tidak susah untuk parkir. 

Modal untuk berjualan jika kita yang berjualan langsung tidak perlu besar, Rp. 5.000.000 usaha tersebut bisa kita jalankan. Tapi jika kita berniat merekrut karyawan, setidaknya kita harus menyiapkan gaji karyawan untuk 3 bulan pertama, untuk persiapan jika usaha kita tidak langsung menghasilkan di bulan-bulan pertama. Alat-alat yang perlu diawal diantaranya adalah gerobak, kompor, piring, sendok garpu, gelas, tabung gas, wajan, panci, tempat kerupuk, wadah-wadahan untuk bahan-bahan masakan. dan lain sebagainya. 

Untuk pilihan menu harus bisa bervariasi. Nasi goreng pasti merupakan menu utama. Variasikan dengan nasi goreng keju, nasi goreng kambing, nasi goreng pete, nasi goreng sosis, dan lainnya. Lalu untuk menu lain bisa kita tambahkan mie goreng dan mie rebus, kwetiau goreng dan kwetiau kuah, bihun goreng dan bihun kuah, serta capcay goreng dan capcay kuah. Jika memungkinkan ada mie aceh atau menu lainnya malah lebih baik lagi. 

Untuk resep dan variasi menu bisa anda peroleh dari internet dengan googling. Atau juga bisa kerjasama dengan orang yang sudah lama jualan nasgor, dan minta salah satu pegawainya yang sudah paham akan seluk beluk usaha ini untuk menjadi katyawan kita. Tentunya dengan perjanjian yang bisa disepakati para pihak. Semoga bermanfaat!


No comments:

Post a Comment