Membuat Sistem Bisnis

Membuat Sistem BisnisKetika anda memauki toko kecil mungkin akanda akan menjumpai pemiliknya yang juga mungkin bekrja sebagai kasirnya. Jika anda memasuki toko besar seperti hypermart, yogya, Carrefour toko besar lainnya mungkin yang terjadi adalah sebaliknya. Anda akan susah menemui pemilik toko-toko tersebut. Mungkin anda berpikir bagaimana caranya sebuah usaha tetap bergerak dan malah makin berkembang, padahal pemilik bisnisnya tidak ada di tempat


System bisnislah yang membedakan antara seorang business owner dan seorang self Employee atau pemilik small bisnis. Mau tidak mau jika anda ingin mendapatkan kebebasan finansial dan kebebasan waktu, maka anda harus punya system yang bisa menggerakkan bisnis anda, baik ketika anda ada ataupun saat anda tidak ada. 

Salah satu kunci utama dalam pembuatan system bisnis adalah pembuatan SOP (Standard Operational Procedure) dan system pendelegasian yang tepat dan efektif. Tanpa keduanya system bisnis tidak dapat berjalan dengan baik. Jika anda sukar membuat SOP, Maka diskusikanlah dengan orang kepercayaan anda atau mungkin anda bisa minta bantuan kepada konsultan bisnis. 

Memang tidak bisa sebentar untuk membuat system bisnis yang baik, tapi jika kita tidak mencoba untuk membuatnya, karena takut tidak berhasil atau lainnya, maka selamanya anda akan terjebak dengan aktivitas anda sebagai pemilik bisnis kecil. Karena jika tidak memakai system, maka anda harus selalu ada jika ingin bisnis anda bergerak. 

Membuat system bisnis harus bertahap, mula-mula pekerjaan-pekerjaan kecil yang disistemkan, terus ke pekerjan-pekerjaan menengah , hingga akhirnya ke pekerjaan-pekerjaan besar. Minimal jika pekerjaan-pekerjaan besar sudah bisa disistemkan maka anda sebagai pemilik bisnis tinggal menjadi decision maker untuk hal-hal paling sentral. Jika anda sudah di posisi tersebut, maka anda sudah mulai bisa menikmati kebebasan waktu dan financial. Karena dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, untuk berkomunikasi dengan orang kepercayaan anda bisa dilakukan via telepon. 

Satu hal yang pasti jika anda ingin membuat system dan memiliki kebebasan financial adalah jangan terlalu takut akan kehilangan uang saat anda mencoba meenerapkan system, karena mungkin saat system belum teruji ada karyawan anda yang berbuat curang sehingga anda rugi secara finansial. Justru jika ada hal sepertii tu anda bisa mengevaluasi system anda seblum akhirnya bisa menjadi system yang lebih sempurna. Anda harus ingat bahwa hilangnya uang tersebut akan sebanding dengan yang akan anda dapatkan anati. Ingat! Uang bisa dicari waktu tidak bisa dibeli! 

Comments